Ads 468x60px

Minggu, 13 November 2011

Asal usul warna Pink

Assalamu'alaikum


Kenapa judulnya asal usul warna pink? bukannya asal usul nama suatu daerah, makanan, alat, binatang ato lain nya? Jawabannya mudah banget "coz i luv Pink" :D. Awalnya suka pink c karena dulu suka nonton Power Ranger, Kimberly si Ranger pink tu cantik banget menurut ku jd setiap main power rangers2an ma teman2 saya suka berperan sebagai ranger pink ^,^. trus baru kepikiran sekarang deh, sebenarnya pink itu asal mulanya dari mana sih??

kayanya nya mayoritas cewek suka warna ini deh. warna ini  melambangkan kelembutan, feminin, cinta,  kasih sayang dan menenangkan. Menurut Dr. Anya Hurlbert (profile) setelah beliau melakukan suatu ujicoba hasilnya mayoritas perempuan menyukai perpaduan warna merah dan biru "evolusi menyebabkan perempuan menyukai warna kemerahan. mereka cenderung memilih buah merah, wajah kemerahan. Budaya juga memberi andil di dalamnya" bisa jadi ini akibat kaum perempuan sejak dulu adalah memilih bahan pangan untuk keluarga. kebiasaan turun temurun untuk mencari buah matang yang identik dengan warna merah menyebabkan sampai saat ini anak cucu hawa ini menyukai warna merah atau kemerahan.

Menurut infomasi yg saya baca Pink itu merupakan perpaduan antara warna Merah dan putih. berhubung saya baru tahu hal itu jd selama ini saya menganggap perpaduan warna merah dan biru itu adalah warna pink, padahal itu adalah warna Magenta (habis warnanya mirip sih, hanya lebih terang saja). Dan ternyata magenta ini merupakan warna dasar loh, makanya klo qt ngedit foto (alaah bahasanya ndeso banget..:D. klo yg saya baca c tu namanya dunia Printing) yang ad tu warnanya CMYK (cyan, magenta, yellow, black) seharusnya CMYB dongsedangkan di dunia screen atau layar refleksi cahaya kita kenal RGB (red, green, black), dari warna2 tersebutlah akhirnya muncul warna2 turunan lainnya. 

trus kenapa namanya pink???
Penggunaan kata untuk warna pink pertama kali tercatat pada akhir abad ke-17 yang menggambarkan bunga-bunga merah muda, tanaman berbunga dalam genus Dianthus. Roseus adalah kata lain yang berati 'rosy' (warna merah) atau 'pink' (merah muda). kata roseus/pink ini juga digunakan dalam nama binomial dari beberapa spesies, seperti Rosy Starling (saturnus roseus = sejenis burung) dan Catharanthus roseus (sejenis burung). ternyata kesukaan warna itu terpengaruh dari keadaan sekitar dan kegiatan yang sering kita lakukan, istilahnya "kebiasaan", makanya akhirnya sampai sekarang warna2 spt itu disebut warna pink.

sumber: 
1
2
3


akhirnya sekarang tau deh asal usulnya ^_^.
nb: ehmm...wlo pun saya suka pink tapi barang2, pakaian ato aksesoris yg saya punya malah minim pink (apa mungkin karna saya ga terlalu fanatik ma pink ya??) apapun itu, intinya adalah..semua warna itu bagus ko. klo ga bagus ngapain juga Allah nyiptain warna itu, ya kan? :)



Gara2 lupa dengan beberapa arti kata akhirnya minta bantuan mbah wiki deh (maklum sodara2 udh lama banget ga buka buku belajar yg beginian hehe..)
Wikipedia :
  • evolusi --> Evolusi (dalam kajian biologi) berarti perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya. Perubahan-perubahan ini disebabkan oleh kombinasi tiga proses utama: variasi, reproduksi, dan seleksi. Sifat-sifat yang menjadi dasar evolusi ini dibawa oleh gen yang diwariskan kepada keturunan suatu makhluk hidup dan menjadi bervariasi dalam suatu populasi.
  • binomial --> Tata nama binomial (binomial berarti 'dua nama') merupakan aturan penamaan baku bagi semua organisme (makhluk hidup) yang terdiri dari dua kata dari sistem taksonomi (biologi), dengan mengambil nama genus dan nama spesies. Nama yang dipakai adalah nama baku yang diberikan dalam bahasa Latin atau bahasa lain yang dilatinkan. Aturan ini pada awalnya diterapkan untuk fungi,tumbuhan dan hewan oleh penyusunnya (Carolus Linnaeus), namun kemudian segera diterapkan untuk bakteri pula. Sebutan yang disepakati untuk nama ini adalah 'nama ilmiah' (scientific name). Awam seringkali menyebutnya sebagai "nama latin" meskipun istilah ini tidak tepat sepenuhnya, karena sebagian besar nama yang diberikan bukan istilah asli dalam bahasa latin melainkan nama yang diberikan oleh orang yang pertama kali memberi pertelaan atau deskripsi (disebut deskriptor) lalu dilatinkan.


0 komentar:

Posting Komentar

Please Say Something, My Pretty Butterfly ^_^