Ads 468x60px

Senin, 02 Juli 2012

Kata mutiara dari nabi Idris a.s

Ehmm..ternyata udh sebulan lebih ga update. seharusnya bulan lalu ad 6 postingan tp ternyata bablas NOL ampe k bulan juli T_T. sebagai permulaan, aq pengen sharing kata2 hikmahnya Nabi Idris.

Kenapa??? karenaaa...selama ini mungkin kebanyakan dari kita selalu mengutip kata2 dari orang yang bahkan mungkin kita ga kenal siapa, jd mending ngutip kalimat dari salah seorang rasul yang pertama kali diberikan hak kenabian oleh Allah Swt. setelah nabi Adam dan Shyith a.s aj deh :).

Nama aslinya adalah Akhnukh. Nama Idris memiliki arti "sosok yang teguh pendirian dan meniliki pemikiran yang teruji" (hirmisal haramisah). Oleh karena itu Idris di kenal sebagai orang yang pertama kali menciptakan ilmu hikmah dan ilmu nujum (perbintangan). Diantara ungkapan penuh hikamah yang dia ucapkan adalah :
  1. Tiada seorang pun yang mampu mensyukuri nikmat Allah sebanding dengan nikmat-nikmatNya yang Dia karuniakan,
  2. Jika berdoa kepada Allah, ikhalaskan niat,
  3. Hidupnya jiwa adalah hikmah,
  4. Jangan pernah iri dengan keberuntungan yang menjadi bagian orang lain karena mereka pun menikmati sedikit bagian saja,
  5. Barang siapa melampaui batas cukup, tidak ada sesuatupun yang dapat membuatnya puas.
Nabi Idris ini adalah keturunan keenam dari nabi Adam, putra dari Yarid bin Mihla'iel bin Qinan bin Anusy bin Shyith bin Adam a.s. Nabi Idris dianugreahi kepandaian dalam berbagai disiplin ilmu, kemahiran serta kemampuan untuk menciptakan alat-alat untuk mempermudah pekerjaan manusia, seperti pengenalan tulisan, matematika, astronomi dan sebagainya.

Menurut buku berjudul The Prophet of God Enoch : Nabiyullah Idris, Idris adalah sebutan atau nama Arab bagi Enoch, nenek moyang nabi Nuh. Dia dinyatakan di dalam Alquran sebagai manusia pilihan Allah sehinggaDia mengangkatnya ke langit.

oh iya, selain nabi Idris, 3 orang nabi lainnya yang masih hidup sampai sekarang adalah nabi Isa a.s yang juga diangkat ke langit, nabi Khidr dan nabi Ilyas (di bumi, wallahu'alam ya sekarang berada di belaham Bumi bagian mana, hanya Allah yang tau).

sumber: Alquranulkarim, the miracle 15 in 1 (kisah para nabi dalam Alquran hal. 1215)

0 komentar:

Posting Komentar

Please Say Something, My Pretty Butterfly ^_^