Ads 468x60px

Minggu, 01 April 2012

April Mop

Dari tadi pagi dengar istilah itu, sebenarnya udh sejak beberapa tahun lalu tau istilah ini tapi ga terlalu ngerti maksud sebenarnya. jadi pagi ini ( ato siang ya? jam 11.12 wita) saya tertarik untuk menuliskan tentang istilah itu karna banyak sekali dari masyarakat kita yang muslim ikut2an merayakannya.

Di Indonesia  disebut April mop (mop berasal dari bahasa belanda yang artinya kelakar/canda/lelucon) yang d kenal dengan April fool'days dalam bahasa inggris atau Poison davril (Prancis) atau April noddie (Inggris) atau  April gowk (skotlandia) di peringati tepat hari ini tanggal 1 april pada setiap tahunnya. pada hari ini orang di anggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain dengan tujuan mempermalukan orang-orang  yang mudah di tipu (korban disebut poisson d'avril) tanpa dianggap bersalah karna d anggap 'legal' dan harus di'maklumi' sehingga orang yang menjadi korban tidak boleh marah.

Dari Bahz bin hakim, dari ayahnya, dari kakeknya RA, dia berkata: Rasulallah SAW bersabda "Kecelakaanlah bagi orang-orang yang berdusta untuk membuat tertawa suatu kaum. Kecelakaanlah baginya kemudian kecelakaanlah baginya." (HR. Abu Dawud, HR Tirmidzi, HR An-nasa'i)
Rasulullah saw bersabda " sebesar-besarnya penghianatan, sebesar-besarnya penghianatan adalah jika engkau berbicara pada saudaramu dengan perkataan yang dia anggap engkau jujur, sedangkan engkau berdusta kepadanya."

Dari beberapa sejarah yang saya baca, salah satunya adalah pembantaian ribuan umat muslim Granada Spanyol oleh tentara salib lewat cara-cara penipuan pada 1 april 1478. dari peristiwa menyedihkan tersebut, tentara salib memperingati kemenangan mereka dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedar hiburan dan keisengan belaka, selanjutnya di sebut April Mop. Dan perayaan tersebut masih berlanjut sampai sekarang bahkan di ikuti oleh sebagian umat islam di seluruh dunia dengan tanpa menyadari mereka sebenarnya merayakan ulang tahun pembunuhan massal saudara se-islam mereka sendiri. Astaghfirullahaladzim..

Ibnu Mas'ud menuturkan bahawa rasulullah saw berabda 'Hendaklah kalia senantiasa berlaku jujur, karena sesungguhnya kejujuran akan mengantar pada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan akan mengantar pada surga. Jika seseorang senantiasa berlaku jujur dan berusaha untuk jujur, maka dia akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Hati-hatilah kalian dari berbuat dusta, karena sesungguhnya dusta akan mengantar kepada kejahatan dan kejahatan akan mengantakan pada neraka. Jika seseorang sukanya berdusta dan berupayauntuk berdusta, maka ia akan dicatat di sisi Allah sebagai pendusta." (HR. Muslim no. 2607)

Jadi 'pretty butterflies' kenapa kita harus ikut2an merayakan april mop jika kita tau sejarahnya spt itu??? selain itu, jika kita melakukannya kepada teman/sahabat atau sodara  kita sama aj artinya kita pengkhianat. maukah kita tergolong orang2 spt itu???

tp alhamdulillah nya saya ga pernah ikut melakukan kegiatan 'april mop' ini, bohong tu kan dosa yah? dan saya sangat sangat sadar, bahwa tanpa ikutan april mop aj saya udh banyak dosa, jd makasih deh, ga mau nambah dosa lagi yang secara terang2an saya sadari. dosa yg ga disadari aj jumlahny ga tau berapa banyak. ckckck..Ya Allah..bimbinglah hamba Mu ini ke jalan yg benar, yg selalu mengingatMu di setiap hembusan nafas ini, yang beribadah kepadaMu dan beribadah dengan sebaik2ny. amiiiiiinnnn.... 


dari Ibnu ‘Umar, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam :".... Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka”. diriwayatkan oleh Abu Daawud, Ahmad, Ath-Thabaraaniy)


2 komentar:

  1. bagus nya isi blog ni...boleh lah nak sharing2 ilmu ni

    BalasHapus
  2. bingung modeon.
    baru nyadarrrr...
    hayyahh..abbi yg komen nih pada nama ummi :D

    BalasHapus

Please Say Something, My Pretty Butterfly ^_^