Ads 468x60px

Jumat, 13 April 2012

Ga Jadi Guru Juga Bisa Jalan-jalan Kok Yah...

Waktu aku kecil, aku suka 'iri' ma ayah ku karna selalu "jalan-jalan" ko anak iri ma ortu ya?? hehe... Hampir tiap tahun beliau diutus oleh instansi tempat bekerja untuk Training di pulau Jawa. Pertama kali menjadi seorang PNS ayah ku bertugas sebagai seorang guru SD karena memang latar pendidikan beliau adalah lulusan SPG (sekolah pendidikan guru klo ga salah setara dengan SMA klo sekarang) aku ga pernah nanya sih lulusnya tahun berapa tp dari cerita ayah ku, beliau mulai mengajar sejak usia 19 tahun (ehmm..bearti sekitar tahun 1974-an lah ya). Tapi sekarang udh jd Pengawas SD d dinas pendidikan pemangkat.

Sebagai anak "kota" haha..ga mo bilang kampung, pokoknya harus kota :D setiap liburan, aku paling jauh cuma nyampe pontianak, tu juga jaraaaaaaaaaaaaaaangggg..banget (saat udah SMA aku bertekad, nanti klo aku nikah mo nya ma orang yang jauh aj biar klo anak-anak ku liburan bisa jauh juga, ga bosan d situ2 aj). Liburan ku seringnya ke Sambas tempat 'Aki Salok' ku (kakek dari pihak ayah ku, kenapa disebut 'aki salok'? karena dulu setiap kami datang, pasti aki ku bilang "sitok ia..aki salok" dengan cara bicaranya yang khas. sitok = sini, salok = kangen). dan gitu seterusnya pemangkat-sambas-pemangkat-sambas-pemangkat bolak balik situ-situ aj yang jaraknya hanya sekitar mungkin 30an km. Dulu sih perginya masih pake bis karna ayah ku lom punya sepeda motor jd perjalanannya sekitar 1-1,5 jam. Senang banget pokoknya klo d bis itu, karna d bilang cantik ma pak supir biasalah ya klo anak kecil hehe.. trus biar ga bosan ortu ku sering nyuruh aku nyanyi. lagu yang beruntung sering kunyanyikan "bergulung..ombak laut biruu..mendengar kau memutus cintaaa.." haha..sampai sekarang aku ga tau tu siapa penyanyinya n judul lagunya ap dulu ku pikir judul lagu itu "bergulung", tp tu termasuk lagu fav ku karna d rumah ayah ku sering mutar kasetnya  masih kaset ya, lom ad dvd. 

Saat itu, setiap ayah ku mo berangkat atau baru pulang dr 'jalan-jalan'nya itu, dengan lugunya aku sering bilang "enak ya jd ayah, jalan-jalan terus. Iya mo juga ky gitu" dan sambil senyum ayah ku bilang "klo mo jalan-jalan juga kaya ayah, besok klo udh besar jadi Guru". karena semua sodara ayahku berprofesi sbg guru jd ayah ingin kami anak-anaknya juga mengikuti jejak itu, tapi sayangnya sampai sekarang ga ad yg berprofesi guru. adek ku satu polisi satunya lagi perawat dan sekarang yang berpeluang jd guru sih kyny cuma aku deh :D. Saking inginnya keluar dari kota kelahiran ku itu, lulus SD aku ngajuin proposal tuk sekolah d sambas (lagi?? :D) tp ga di setujui dg alasan aku anak cewek satu-satunya jd kemungkinan ketika kuliah nanti akan jauh dr ortu, jd saat sekolah adalah saat kebersamaan kami, jd pas SMA aku ga ad ngajuin proposal lg deh T_T. 

Waktu SMA aku percaya pada perkataan teman ku bahwa 'orang yg memiliki tahi lalat d kakinya bearti akan menyebrang lautan' mungkin dari situ awalnya aku memutuskan untuk kuliah d Jogja yang lokasinya d pulau jawa dan klo mo ke sana ya harus nyebrang lautan dong dan aku mikir klo aku kuliah d Pontianak aku lom tentu ke jogja sedangkan klo aku k jogja, pasti aku ke pontianak hahaha..lugunya aku saat itu :D. Dan YES!! wlo pun awalnya ortu ku ga setuju tapi berkat 'ancaman ga mo kuliah klo ga d jogja' akhirnya proposal ku d ACC, ini langkah awal 'jalan-jalan' ku yang kemudian di susul dengan jalan-jalan selanjutnya 'keliling pulau Jawa' wlo sebenarnya jalan-jalannya karna kuliah lapangan, ikut studi banding ukm dan hal-hal yang berhubungan dengan kampus sih hehe..tp tetap aj itu ku anggap jalan-jalan karna aku datang ke tempat baru yang sebelumnya lom pernah ku datangi :D. waktu kuliah sangat ingin ke Bali, tp apalah daya uang ga punya. sampai akhirny keinginan itu hanya tersimpan d dalam hati karena lulus kuliah aku langsung pulang k kalbar hiks..padahal berharap lulus kuliah trus bekerja d bilang yang sesuai dg latar belakang pendidikanku (pertambangan, perminyakan, gas, yah pokoknya yang ngurus2 tentang lingkungan kebumian gitu lah) di kalimantan kecuali kalbar dan Sumatera sono.

Pulang ke kalbar sebagai pengangguran teteup d tawari tuk jadi guru dan ku tolak mentah-mentah aku merantau ke Sintang untuk mencari pekerjaan ini juga termasuk jalan-jalan menurutku hehe. wlo hanya selama 1 bulan karna saat itu ramadhan hampir tiba (juli 2008). rencananya sih setelah lebaran mo balik ke Sintang lagi. saat nganggur d rumah itu, aku mencoba mengirim beberapa lamaran kerja di pontianak dan Alhamdulillah aku d terima d "kalbar ventura" dan mulai bekerja pada 1 desember 2008 dengan status Karyawan Percobaan selama 3 bulan. pada pertengahan Pebruari 2009 di saat masa percobaan ku tinggal beberapa hari dan bertanya-tanya dalam hati tentang nasib pekerjaanku apakah aku akan d perpanjang kontrak atau tidak, aku mendapat kabar bahwa aku akan d kirim untuk training d Bali. wow..it was SURPRISING me. Antara percaya dan tidak, benar kah BALI??? wlo aku  harus berangkat bersama dengan teman yang tugasnya d sintang n lom pernah ku temui sebelumny tp gpp yang penting jalan-jalaaann..it was dream came true muka bahagia bangetttt ^_^

Pulang dari Bali, dengan hati senang tapi cemas memikirkan nasib ku, aku mendapat kabar bahwa aku di terima sebagai karyawan tetap. Alhamdulillah... karna d ventura hampir tiap tahunnya ad acara outting, beberapa bulan kemudian aku jalan-jalan lagi ke Bandung-Jakarta (wlo sebelumnya aku udh pernah ke 2 kota itu, tp yang penting kan gratis haha..). Tahun berikutnya outting ke Singapura, tempat yang sebelumnya ga pernah ku bayangkan akan ku kunjungi suatu saat nanti.  Pulang dr Singapura, aku kembali di kirim training ke Bogor dan ini adalah jalan-jalan terakhirku d biayai ma ventura, karna pada akhir maret 2011 aku resign. sedihhhh...berpisah dg teman-teman d ventura T_T tp senang karna berkumpul dengan suami ^_^.

Setelah resign dr Ventura, aku d bawa k kalsel, kebetulan beliau bekerja d salah satu perusahaan yg berhubungan ma pertambangan d sana (ohh..bahagianyaaa... wlo aku ga kerja langsung, tp aku menikah dg orang yg berhubungan d bidang itu dan ini juga ku anggap jalan-jalan ya, kan aku lom pernah trus ini juga gratis d bayarin perusahaan suami dan berharap suatu saat klo suami training k kaltim, aku jg bs ikut tp ini sih aku pasti ga d bayarin :D). Berapa bulan kemudian (lebaran) aku d bawa suami k Sumatera karna beliau berasal dari sana (hahaha...senang senang senang..selain karna ini adalah salah satu pulau yang ingin ku datangi, mudik ini juga d biayai oleh perusahaan)

Alhamdulillah..cita-cita masa kecil ku untuk jalan-jalan terus plus gratis seperti ayah ku sampai saat ini terpenuhi. dan untuk ayah ku sayang :

Tuh kan, Ga Jadi Guru Juga Bisa Jalan-jalan Kok, Yahhh...
Iya yakin ini berkat doa ayah n umak juga. ya kan? ^___^

dan yang pasti, Big Thanks to Allah karna telah membuat ku merasakan semua hal2 menyenangkan itu. Aku sangat yakin bahwa apa pun yang trjadi dalam hidupku semuanya tertulis dengan jelas d lauh mahfuz nya, jadi aku ga perlu khawatir pada hal-hal apa aj yang nantinya akan terjadi pada hidupku, trus ga perlu lagi "iri" dengan kehidupan orang lain, karna semua orang punya masalah sendiri2 dan menurutku sebenarnya ga ada yang kehidupannya lebih baik atau lebih buruk dari orang lain selama dia berada di jalan yang telah Allah pilihkan karna Allah selalu memberikan yang terbaik untuk hambanya. bisa jadi kita menganggapo orang lebih baik kehidupannya dr kita eh ternyata orang lain juga melihat kita spt itu. so dont worry be happy  n enjoy with your life coz Allah adalah SUTRADARA TERBAIK yang kita miliki. ^_^. 

1 komentar:

  1. suatu saat nanti, insyaAllah keliling Indonesia n Dunia bareng suami terloVe lope.. dengan bahagia, suka cita. tp harus k Baitullah dulu ^,^ kan Allah maha baik, jd klo berharap sesuatu mintanya harus sama Allah kan ya, insyaAllah d kabulkan hehe..

    ayoo bareng2 mengaminkannya. AMIN..

    BalasHapus

Please Say Something, My Pretty Butterfly ^_^